Sabtu, 20 Desember 2014

Etika dan tanggung jawab sosial pemimpin



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Etika adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral , norma-norma , dan hal-hal yang baik . Jadi etika merupakan sebuah standar seseorang untuk berperilaku dalam sebuah lingkungan . Seseorang yang melanggar suatu norma atau nilai moral yang dipercaya bisa dikatakan tidak beretika , dan hal ini tidak baik untuk seorang teladan atau pemimpin.
Seorang pemimpin yang baik harus lah pemimpin yang beretika , yang memiliki moral dan mematuhi norma-norma yang ada . Seorang pemimpin adalah cerminan dan teladan bagi bawahan maupun karyawan dalam sebuah organisasi . Etika seorang pemimpin akan mempengaruhi bagaimana sikap dan perilaku karyawan dalam sebuah organisasi .
Pemimpin dalam sebuah organisasi harus memiliki rasa tanggung jawab sosial . Pemimpin yang peduli dengan lingkungannya akan juga diperhatikan oleh lingkungan tersebut . Apabila pemimpin organisasi tidak melaksanakan tanggung jawab sosial , maka akan berdampak buruk pada kinerja dan citra organisasi .

1.2              Rumusan Masalah

1.2.1        Apa pengertian  etika kepemimpinan ?
1.2.2        Bagaimana prinsip etika pemimpin ?
1.2.3        Bagaimana nilai-nilai pemimpin yang bermoral ?
1.2.4        Bagaimana kepemimpinan , tanggung jawab sosial dan menciptakan budaya               organisasi  yang etis ?
1.2.5        Bagaimana perilaku etis dan kinerja perusahaan ?
1.2.6        Bagaimana strategi menjadi pemimpin yang beretika ?
1.2.7        Bagaimana contoh studi kasus etika kepemimpinan dan tanggung jawab sosial ?

BAB II

PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Etika Kepemimpinan

Etika adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral , norma-norma dan hal-hal yang baik . Etika Kepemimpinan adalah sejumlah sifat –sifat utama yang harus dimiliki seorang pemimpin agar kepemimpinannya dapat efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sesuai norma dan nilai yang berlaku .

2.2 Prinsip Etika Pemimpin

                        Prinsip etika pemimpin antara lain adalah :
Menjaga perasaan orang lain,
Memecahan masalah dengan rendah hati
Menghindari pemaksaan kehendak tetapi menghargai pendapat orang lain,
Mengutamakan proses dialogis dalam memecahkan masalah
Menanggapi suatu masalah dengan cepat, dan sesuai dengan keahlian
Menyadari kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki serta mengedepankan sikap jujur,disiplin, dan dapat dipercaya.

2.3 Nilai-nilai Pemimpin yang Bermoral

                 Beberapa nilai kepemimpinan yang perlu dimiliki seorang pemimpin antara lain adalah sebagai berikut :
-        Integritas dan moralitas.
Integritas menyangkut mutu, sifat dan keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Moralitas menyangkut ahlak, budi pekerti, susila, ajaran tentang baik dan buruk, segala sesuatu yang berhubungan dengan etiket, adat sopan santun.
-        Tanggung jawab.
Seorang pemimpin harus memikul tanggung jawab untuk menjalankan misi dan mandat yang dipercayakan kepadanya. Pemimpin harus bertanggungjawab atas apa yang dilakukan dan tidak dilakukannya untuk mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam organisasi. Ia harus memiliki keberanian untuk mempertanggungjawabkan tindakan yang telah dilakukan dan mengambil risiko atau pengorbanan untuk kepentingan organisasi dan orang-orang yang dipimpinnya. Tanggung jawab dan pengorbanan adalah dua hal yang saling berhubungan erat. Pemimpin harus mengutamakan kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadi atau keluarga termasuk pengorbanan waktu. Di sisi lain, pemimpin harus melatih bawahan untuk menerima tanggung jawab serta mengawasi pelaksanaan tugasnya.
-        Visi Pemimpin.
Kepemimpinan seorang pemimpin nyaris identik dengan visi kepemimpinannya. Visi adalah arah ke mana organisasi dan orang-orang yang dipimpin akan dibawa oleh seorang pemimpin. Pemimpin ibarat seorang nakhoda yang harus menentukan ke arah mana kapal dengan penumpangnya akan di arahkan. Visi sama pentingnya dengan navigasi dalam pelayaran. Semua awak kapal menjalankan tugasnya masing-masing tetapi hanya nakhoda yang menentukan arah kapal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Visi pemimpin akan menginspirasi tindakan dan membantu membentuk masa depan. Visi adalah masa depan yang realistis, dapat dipercaya dan menjembatani masa kini dan masa depan yang lebih baik sesuai kondisi (sosial politik, ekonomi, budaya) yang diharapkan. Visi juga mengandung harapan-harapan, atau bahkan “mimpi” yang memberi semangat bagi orang-orang yang dipimpin. Pemimpin adalah “pemimpi” yang sanggup mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan. Burt Nanus dalam bukunya Kepemimpinan Visioner mengatakan : “ Tak ada mesin penggerak organisasi yang lebih bertenaga dalam meraih keunggulan dan keberhasilan masa depan, kecuali visi yang menarik, berpengaruh dan dapat diwujudkan serta mendapat dukungan luas.”

-        Kebijaksanaan.
Kebijaksanaan (wisdom) yaitu kearifan seorang pemimpin dalam memutuskan sesuatu sehingga keputusannya adil dan bijaksana. Kebijaksanaan memiliki makna lebih dari kepandaian atau kecerdasan. Pemimpin setiap saat dihadapkan kepada situasi yang rumit dan sulit untuk mengambil keputusan karena terdapat perbedaan kepentingan antar kelompok masyarakat dan mereka yang akan terkena dampak keputusannya. Seringkali pemimpin seperti menghadapi “buah simalakama”, sulit untuk menentukan pilihan karena sama-sama berisiko. Selain upaya manusia menekuni dan mencari kebijaksanaan, perlu upaya meminta kebiaksanaan kepada Tuhan sebagai sumber untuk memutuskan keputusan yang terbaik dan bijaksana.
-        Keteladanan.
Keteladanan seorang pemimpin adalah sikap dan tingkah laku yang dapat menjadi contoh bagi orang-orang yang dipimpinnya. Keteladanan berkaitan erat dengan kehormatan,  integritas dan moralitas pemimpin. Keteladanan yang dibuat-buat atau semu dan direkayasa tidak akan langgeng. Pemimpin sejati melakukan hal-hal baik dengan wajar tanpa pamrih, bukan sekedar untuk mendapat pujian manusia. Sifat-sifat baiknya dirasakan orang lain sehingga dapat mempengaruhi lingkungan dan masyarakat luas sebagai suatu teladan yang hidup.
-        Menjaga Kehormatan.
Seorang pemimpin harus menjaga kehormatan dengan tidak melakukan perbuatan tercela karena semua perbuatannya menjadi contoh bagi bawahan dan orang-orang yang dipimpinnya. Ia tidak boleh mudah terjebak dalam godaan “Tiga Ta” yaitu “harta” (memperoleh materi atau uang secara tidak sah/ melanggar hukum), “tahta” (mendapatkan kekuasaan dengan menghalalkan sebagal cara) dan “wanita” ( perselingkuhan, hubungan seks di luar pernikahan) yang sering menjatuhkan kehormatan sebagai pemimpin. Budaya lokal (Jawa) juga mengajarkan pemimpin harus menghindari 5 M (Mo Limo ) yaitu maling (mencuri/ korupsi), madat (narkoba), madon (main perempuan), main (berjudi) dan minum (mabuk alkohol). Setiap daerah atau suku bangsa memiliki rambu-rambu kehormatan yang tidak boleh dilanggar oleh seorang pemimpin. Mahatma Gandhi mengatakan ada 7 dosa sosial yang mematikan yaitu : “kekayaan tanpa kerja”, “kenikmatan tanpa nurani”, “ilmu tanpa kemanusiaan”, “pengetahuan tanpa karakter”, “politik tanpa prinsip”, “bisnis tanpa moralitas” dan “ibadah tanpa pengorbanan.” Semua itu merupakan rambu-rambu peringatan bagi pemimpin untuk menjaga kehormatannya.
-        Beriman.
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa sangat penting karena pemimpin adalah manusia biasa dengan semua keterbatasannya secara fisik, pikiran dan akal budi sehingga banyak masalah yang tidak akan mampu dipecahkan dengan kemampuannya sendiri. Iman dapat menjembatani antara keterbatasan manusia dengan kesempurnaan yang dimiliki Tuhan, agar kekurangan itu dapat diatasi. Iman juga merupakan perisai untuk meredam keinginan dan nafsu-nafsu duniawi serta godaan untuk melakukan penyimpangan-penyimpangan dalam menjalankan kepemimpinannya. Penting bagi seorang pemimpin untuk selalu menyadari bahwa Tuhan itu Maha Kuasa, Maha Mengetahui dan Maha Hadir. “Mahakuasa” berarti tidak ada satu pun yang bisa terjadi tanpa perkenan dan pengendalian-Nya. “Maha Mengetahui” berarti tidak ada satu pun bisa terjadi tanpa pengetahuan dan keterlibatan-Nya. “Maha Hadir” berarti tidak ada satu pun bisa terjadi tanpa Ia ada di sana. Implikasi pemahaman seperti itu bagi pemimpin adalah sesgala sesuatu yang terjadi, termasuk kepemimpinan yang dijalankannya, bukan sekedar kebetulan atau by chance belaka. Pemimpin yang beriman menyadari bahwa semua perbuatannya diketahui dan diawasi Tuhan yang hadir di mana-mana sehingga ia takut mengkhianati amanat sebagai pemimpin. Apabila mengalami kesulitan dan masalah yang berat, ia harus bersandar kepada Tuhan karena tidak ada satu pun kejadian tanpa perkenan dan pengendalian-Nya. Tuhan itu Pemilik kehidupan, Penyelenggara dan Pemberi apa yang  kita butuhkan.
-        Kemampuan Berkomunikasi.
Suatu proses kepemimpinan pada hakikatnya mengandung beberapa komponen yaitu : pemimpin, yang dipimpin, komunikasi dan interkasi antara pemimpin dan yang dipimpin, serta lingkungan dari proses komunikasi tersebut. Peter Koestenbaum, seorang pakar kepemimpinan, melalui bukunya berjudul : Leadership, The Inner Side of Greatness” (1991) mengatakan bahwa : “Kepemimpinan yang bermoral adalah suatu proses moralitas untuk mencapai suatu tingkat atau keadaan dimana para pemimpin mampu mengikat (dalam arti berkomunikasi dan berinteraksi) dengan yang dipimpinnya berdasarkan kebersamaan motif, nilai dan tujuan – yaitu berdasarkan kebutuhan-kebutuhan hakiki para pengikut maupun pemimpin itu sendiri.” Di sini tampak bahwa antara pemimpin dan yang dipimpin terdapat suatu ikatan kuat sebagai satu keutuhan dan memiliki ketergantungan satu sama lain. Untuk mencapai hal tersebut maka seorang pemimpin harus mampu membangun komunikasi dengan orang-orang yang dipimpinnya sehingga kepemimpinannya dapat efektif dan efisien. Sebaliknya, kegagalan dalam menjalankan komunikasi dapat menimbulkan keadaan yang kurang harmonis dalam organisasi bahkan dapat menjurus kepada situasi konflik yang mengganggu pelaksanaan tugas. Kemampuan berkomunikasi juga diperlukan untuk menggalang para tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (toga) dan tokoh adat (todat) karena mereka memiliki pengaruh dan pengikut di masyarakat. 

-        Komitmen Meningkatkan Kualitas SDM
Sumber daya manusia (SDM) adalah faktor strategis dan penentu dalam kemajuan organisasi, dan pemimpin harus memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas SDM. Ada pepatah kuno yang kurang lebih berbunyi sebagai berikut : “Kalau Anda ingin memetik hasil jangka pendek, tanamlah jagung atau padi. Kalau ingin memetik hasil jangka panjang, tanamlah pohon kelapa. Tetapi kalau ingin memetik hasil sepanjang masa, didiklah manusia !” Dari semua sumber daya yang tersedia bagi manajemen – uang, bahan, peralatan dan manusia – maka sumber terpenting adalah manusia. SDM merupakan faktor strategis yang menentukan suatu proses produksi atau pembangunan ekonomi, tetapi ironisnya ada kecenderungan umum untuk lebih memperhatikan investasi aset modal atau finansial, material, dan pembangunan fisik ketimbang aset manusia atau SDM. Dari 16 bab dan 240 pasal dalam Undang-Undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (termasuk perubahan-perubahannya) hanya ada 1 bab dan 7 pasal yang berkaitan dengan sumber daya manusia  yaitu Bab V tentang Kepegawaian Daerah.
Selain nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, etika yang baik juga harus dimiliki. Etika adalah perilaku berstandar normatif berupa nilai-nilai moral, norma-norma, dan hal-hal yang baik-baik. Etika difungsikan sebagai penuntun dalam bersikap dan bertindak menjalankan kehidupan menuju ke tingkat keadaan yang lebih baik. Kepemimpinan beretika akan membuat suasana hubungan kerja dalam organisasi lebih nyaman dan terhindar dari konflik vertikal maupun konflik horisontal. Sebab, pelaku-pelaku organisasi menyadari keberadaan pedoman dan penuntun berupa prinsip-prinsip etika yang membatasi gerak bersikap dan bertindak.




2.4 Kepemimpinan , tanggung jawab sosial dan menciptakan budaya organisasi      yang   etis

Seorang pemimpin tidak hanya berhubungan dengan bawahannya saja. Mereka juga berhubungan dengan masyarakat luas. Langkah paling mudah untuk mewujudkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat adalah dengan jalan berperilaku etis dan selalu berusaha melakukan segala sesuatu dengan baik, benar, dan transparan.
 Tanggung jawab sosial didefinisikan sebagai kewajiban seorang individu/perusahaan untuk peduli terhadap masyarakat akan dampak-dampak yang mungkin ditimbulkan dari adanya kepemimpinan seseorang atau keberadaan sebuah perusahaan. Ide tanggung jawab sosial perusahaan terus berkembang, dan baru-baru ini telah dijelaskan sebagai proses dimana para manajer dalam suatu organisasi berpikir dan mendiskusikan tentang hubungan dengan para pemangku kepentingan, dan bagaimana mereka akan bekerja ke arah mencapai kebaikan bersama. Untuk menganalisis tanggung jawab sosial perusahaan, suatu perusahaan perlu untuk memahami apa yang dipikirkan, dikatakan, dan cenderung dilakukan oleh orang lain. Menurut profesor R. Edward Freeman, tanggung jawab sosial perusahaan tidak lagi merupakan tambahan, tetapi dibangun dalam tujuan inti dari bisnis.
Inisiatif tindakan para pemimpin yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tanggung jawab sosial, serta menciptakan budaya organisasi yang mendorong perilaku etis, diuraikan dalam Gambar 6-1.
1.    Pemberian Strategi Kepemimpinan untuk Etika dan Tanggung Jawab Sosial
Rute yang paling efektif untuk sebuah organisasi yang etis dan bertanggung jawab secara sosial yaitu memberikan strategi kepemimpinan untuk manajemen senior ke arah itu. Dengan cara ini, manajer senior menjadi pemimpin etika : kebijakan dan tindakan mengatur etika dan tanggung jawab sosial bagi organisasi. Jika top level memiliki etika tinggi, pekerja di semua tingkat lebih mungkin untuk berperilaku etis. Ketika Paul O'Neil menjadi CEO dan ketua di Alcoa tahun yang lalu, ia percaya bahwa keselamatan instalasi adalah kewajiban. Ia mengunjungi Alcoa, berkomunikasi dengan manajer dan pekerja tentang perlunya keselamatan kerja. Perilaku etis yang dihargai kemungkinan akan bertahan. Linda Klebe Trevino dan Michael E. Brown mengamati bahwa perilaku etis dapat dihargai dengan mempromosikan dan memberikan kompensasi orang-orang yang tampil baik dan telah mengembangkan reputasi integritas dengan manajer, rekan kerja, dan pelanggan. Selain itu, pekerja yang melakukan perilaku tidak etis tidak perlu diberikan penghargaan, dan mungkin diberikan tindakan disiplin.

2.    Menciptakan Kenyamanan Tempat Kerja
Sebuah inisiatif tanggung jawab sosial yang secara langsung mempengaruhi kesejahteraan karyawan adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, menyenangkan, dan dan merangsang intelektual lingkungan kerja. Karena banyak orang menghabiskan sekitar sepertiga dari waktu mereka di tempat kerja, lingkungan kerja yang menyenangkan meningkatkan kemungkinan bahwa kehidupan mereka akan diperkaya. Benefit yang biasanya diberikan perusahaan adalah jam kerja fleksibel; tempat penitipan anak; layanan concierge, seperti Penjemputan dry cleaning; dan cuti dibayar. Berikut ini adalah tiga perusahaan yang dinilai memiliki kenyamanan tempat kerja paling tinggi:
·       Google, Mountain View, California: Perusahaan yang namanya telah menjadi kata kerja standar untuk Silicon Valley. Fasilitas yang diberikan antara lain gratis makanan gourmet, spa, renang, dan layanan kesehatan gratis di tempat. Google menerima 1.300 resume pekerjaan yang tidak diminta per hari. Standar mempekerjakan yang sulit, menekankan kecemerlangan, baik keterampilan tim-player, dan kepentingan yang beragam. Data gaji tidak diumumkan, tetapi banyak karyawan Google menjadi kaya melalui pelaksanaan opsi saham yang sah. Sembilan puluh persen dari karyawan menerima opsi saham.
·       Quicken Loans, Livonia, Michigan: pemberi pinjaman hipotek ini memiliki reputasi untuk menjadi perusahaan berbasis etika. Quicken menghindari krisis kredit rumah dengan membatasi dirinya untuk hipotek tradisional. Quicken membayar gaji tahunan rata-rata untuk staf adalah $ 75.765, dan $ 41.780 untuk staf per jam.
·       Wegmans Food Markets, Inc., Rochester, New York: Landasan kepercayaan perusahaan swasta yang memiliki 71-toko kelontong ini adalah "Karyawan pertama, pelanggan kedua." The Wegman percaya bahwa ketika karyawan senang, pelanggan juga akan senang. Membayar gaji tahunan rata-rata adalah $ 49.411, dan $ 27, 414 untuk staf per jam.

3.    Membantu Membangun Lingkungan Berkelanjutan
Para pemimpin yang bertanggung jawab sosial memiliki pengaruh untuk mempertahankan dan melestarikan lingkungan eksternal melalui berbagai tindakan mengelola limbah beracun. Membantu membangun lingkungan yang berkelanjutan dapat melibatkan ratusan tindakan yang berbeda seperti membuat kemasan yang lebih kecil, memanfaatkan lebih luas pencahayaan, dan jika memungkinkan menggunakan energi dari panel surya dan turbin angin untuk menggantikan pembakaran bahan bakar fosil. Selain itu, banyak perusahaan membangun tim mensponsori taman bermain atau membarui sebuah rumah tua di lingkungan menurun. Melestarikan sebuah bangunan tua, dan tindakan yang sama meningkatkan estetika lingkungan. Tiga dari perwakilan inisiatif kepemimpinan untuk membantu menciptakan lingkungan yang berkelanjutan:
·       Beberapa perusahaan ban, termasuk Bridgestone Corp dan Michelin SA, yang manufaktur ban dengan daya tahan gelinding yang lebih kecil, atau kekuatan ban harus diatasi untuk memindahkan kendaraan. Lebih sedikit bahan bakar yang dikonsumsi oleh kendaraan ketika telah mengurangi daya tahan gelinding, namun ada kekhawatiran bahwa ban tidak akan bertahan lama dan mungkin berhenti lagi jarak pada permukaan basah..
·       Katrina Markoff, pemilik dan pendiri Vosges Haut Chocolat, menjalankan markas Chicago nya dengan 100 persen energi yang dapat diperbaharui. "Tapi kami sedang membidik untuk LEED tingkat platinum, yang berarti pada dasarnya tidak memiliki limbah dan hampir 70 persen dari grid (power supply), " Jelas Markoff.
·       Dipelopori oleh CEO Lee Scott, Wal-Mart telah mengambil inisiatif besar menjadi toko ramah lingkungan. Di antara tujuan Scott adalah untuk (a) meningkatkan efisiensi armada energinya dengan 25 persen dalam tiga tahun, dan efisiensi ganda dalam sepuluh tahun, (b) mengurangi limbah padat dari toko-toko AS sebesar 25 persen, (c) berinvestasi $ 500 dalam proyek keberlanjutan, (d) bekerja dengan pemasok untuk mencari tahu cara untuk mengurangi limbah kemasan, seperti cara baru untuk mengurangi penggunaan energi, dan (e) mendorong pelanggan untuk beralih pada lampu neon hemat energi.
Cara lain bagi seorang pemimpin untuk membantu lingkungan adalah bisnis daur ulang secara langsung. Daur ulang elektronik sangat penting karena elektronik adalah aliran limbah padat dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dan mengandung racun seperti merkuri dan kromium.

4.    Terlibat dalam Filantropi
Pendekatan kepemimpinan untuk tanggung jawab sosial organisasi adalah dengan menyumbangkan uang untuk amal dan berbagai penyebab lainnya. Sebagian besar badan amal sangat bergantung pada dukungan perusahaan. Contoh paling mencolok adalah Bill dan Melinda Gates dari Microsoft, yang membentuk lembaga mereka sendiri yang tujuan utama secara global untuk mengurangi kemiskinan, memerangi AIDS, dan vaksinasi anak-anak terhadap penyakit. Di Amerika Serikat lebih fokus pada pendidikan dan akses ke teknologi informasi. Selanjutnya, Bill Gates telah menyerukan revisi kapitalisme di mana orang miskin menerima lebih banyak benefit. Gates mengatakan dia bermasalah karena kemajuan teknologi, perawatan kesehatan, dan pendidikan cenderung untuk membantu orang kaya.
Pendekatan lain untuk mendapatkan perputaran yang cepat untuk sumbangan amal adalah perusahaan merespon secara langsung kebutuhan mendesak, sehingga menampilkan kepemimpinan yang tegas. Ketika kebakaran hutan menghancurkan ribuan rumah di California pada bulan Oktober 2007, karyawan toko di daerah tersebut menyumbangkan ratusan selimut dan barang-barang rumah tangga. Dalam sebulan program untuk mengumpulkan dana untuk dana pembangunan kembali bencana San Diego terkumpul. Pembeli didorong untuk menyumbangkan ke badan amal, dan yayasan amal, perusahaan memperoleh sumbangan sebesar $ 50 atau lebih. Sebagai Pemimpin yang menyertai dalam aksi tersebut, filantropiselain menyumbangkan uang untuk penyebab. Hal ini dapat mempengerahui orang lain untuk memberikan sumbangan.

5.    Bekerja dengan Pemasok untuk Meningkatkan Kondisi Kerja
Sebuah kesempatan untuk berlatih tanggung jawab sosial bagi para pemimpin perusahaan untuk bekerja dengan pemasok untuk meningkatkan kondisi kerja fisik dan mental. Membantu pemasok memperbaiki kondisi kerja dengan cara bahwa karyawan pemasok sering membutuhkan pekerjaan dengan gaji. Hampir pekerjaan apapun lebih baik daripada tidak ada pekerjaan untuk orang yang menghadapi kemiskinan ekstrim atau yang tergantung pada upah sederhana untuk makanan dan tempat tinggal. Membantu pemasok untuk memperbaiki kondisi kerja telah dikonseptualisasikan sebagai kendaraan perusahaan untuk perubahan-sosial yang positif untuk menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan.
Gap Inc mengambil inisiatif utama untuk mulai memperbaiki kondisi kerja di pemasok. Pimpinan perusahaan mengeluarkan laporan bahwa kondisi kerja yang jauh dari sempurna di banyak 3.000 pabrik di seluruh dunia bahwa pakaian manufaktur untuk Gap. Di antara pelanggaran-kondisi kerja adalah bahwa antara 10 dan 25 persen dari pabrik-pabrik Cina yang digunakan pemaksaan psikologis atau pelecehan verbal. Lebih dari 50 persen dari pabrik-pabrik yang dikunjungi di sub-Sahara Afrika dioperasikan mesin tanpa alat pengaman yang tepat. Perwakilan Gap sekarang berinvestasi lebih banyak waktu dalam pelatihan dan membantu pabrik-pabrik mengembangkan program untuk memenuhi kode kondisi kerja.

6.    Menetapkan Kode Etik Tertulis
Banyak organisasi menggunakan kode etik tertulis sebagai pedoman perilaku etika dan sosial yang bertanggung jawab. Pedoman semakin penting karena pekerja dalam tim self-managing memiliki kepemimpinan kurang dari sebelumnya. Bagaimanapun industri, sebagian besar kode menangani masalah sangat mirip. Patricia Breeding, staf kepatuhan integritas untuk Perjanjian Kesehatan, di Knoxville, Tennessee, mengatakan, "Mereka semua konflik kepentingan, hadiah dan hal-hal seperti hubungan vendor. Mereka menggunakan kata 'pelanggan' dalam suatu tempat dan 'pasien' di tempat lain tapi mereka semua melakukan hal yang benar. " Larangan suap dari pemerintah dimasukkan lebih sering dalam kode etik untuk memerangi potensi besar masalah. Sebagai contoh, perusahaan Jerman Siemens AG membayar $ 280.000.000 AS  karena telah membayar suap di Nigeria, Rusia, dan Libya untuk membantu menerima kontrak. The Sarbanes-Oxley Act, yang dipicu oleh skandal keuangan di sekitar tahun 2000, mengharuskan perusahaan publik untuk mengungkapkan apakah mereka telah mengadopsi kode etik untuk pejabat kantor keuangan. Dalam beberapa perusahaan-perusahaan, seperti Boeing Company, pekerja di semua tingkatan diminta untuk menandatangani kode etik. Sebuah kode etik yang ditulis etik lebih mungkin untuk mempengaruhi perilaku ketika kedua pemimpin resmi dan informal di seluruh perusahaan sering menyebutnya. Selanjutnya, kepatuhan kode harus dihargai, dan pelanggaran kode harus dihukum.

7.    Mengembangkan Mekanisme Formal untuk Menghadapi Masalah Etis
Banyak pengusaha besar memiliki program etika dari berbagai jenis. Organisasi besar sering membentuk komite etika untuk membantu memastikan perilaku etis dan bertanggung jawab secara sosial. Partisipasi kepemimpinan tingkat atas dalam mekanisme resmi lebih memberikan mereka pengaruh. Anggota Komite mencakup perwakilan manajemen puncak ditambah manajer lain di seluruh organisasi. Spesialis dari departemen sumber daya manusia mungkin juga bergabung dengan grup.Panitia menetapkan kebijakan tentang etika dan tanggung jawab sosial dan mungkin melakukan audit etika kegiatan perusahaan. Selain itu, anggota komite mungkin meninjau keluhan tentang masalah etika. Pemerintah federal AS memiliki unit yang disebut Standar Pentagon Perilaku untuk menangani masalah etika. Senjata paling ampuh adalah sebuah Ensiklopedia kegagalan Etika, daftar kegagalan etika dalam pemerintahan yang diterbitkan di Internet oleh pengacara Pentagon Stephen Epstein.
Salah satu contoh adalah kasus seorang petugas perlindungan Bea dan Perbatasan yang mendarat helikopter pemerintah di tempat bermain sekolah dasar putrinya. meskipun memiliki izin atasan untuk terbang ke sana, petugas itu dipecat karena menyalahgunakan milik pemerintah. Dalam kasus lain, seorang pejabat Angkatan Darat tertangkap menyalurkan bisnis palsu untuk dirinya sendiri dan pacar anak perempuannya. Fokus di sini adalah bahwa perilaku yang tidak etis dalam sebuah organisasi besar mungkin diberitahukan kepada publik, sehingga rasa malu dan kemunduran karir untuk terdakwa.

8.    Menerima Whistleblower (pelapor)
Whistleblower adalah seorang karyawan yang mengungkapkan kesalahan organisasi kepada pihak yang dapat mengambil tindakan. Whistleblower sering pergi langsung ke biro pemerintah federal untuk melaporkan apa yang mereka anggap sebagai penipuan dan penyimpangan etika oleh majikan mereka. Whistleblower sering dikucilkan dan dipermalukan oleh perusahaan. Sebagai contoh, mereka mungkin tidak menerima promosi lebih. Selain itu, banyak pelapor yang dipecat atau diturunkan. The Sarbanes-Oxley Act memberikan beberapa perlindungan bagi pelapor. Karyawan yang melaporkan penipuan yang berkaitan dengan akuntansi perusahaan, dan audit memiliki cara untuk mendapatkan pemulihan, serta membayar kembali dan biaya hukum. Namun demikian, lebih dari setengah dari permintaan whistleblower diabaikan. Jadi, penting bagi para pemimpin di semua tingkatan untuk menciptakan iklim yang nyaman untuk whistleblowing yang sah. Pemimpin perlu memilah perbedaan whistleblower yang onar dan benar. Menjadi whistleblower membutuhkan tindakan kecil kepemimpinan, dalam arti mengambil inisiatif untuk membawa perubahan.

9.    Memberikan Pelatihan di Etika dan Tanggung Jawab Sosial
Bentuk pelatihan etika mencakup pesan tentang etika dan tanggung jawab sosial dari pimpinan perusahaan, kelas etika di perguruan tinggi, dan latihan dalam etika. Program pelatihan ini memperkuat gagasan bahwa perilaku etis dan bertanggung jawab secara sosial secara moral benar dan baik untuk bisnis. Latihan program dalam etika dan tanggung jawab sosial yang paling mungkin untuk menjadi efektif ketika budaya organisasi mendorong perilaku etis.
Caterpillar, produsen peralatan konstruksi dan pertambangan, menggunakan pendekatan modern untuk pelatihan etika. Selama pelatihan tahunan, semua 95.000 karyawan merenungkan serangkaian pertanyaan yang disajikan kepada mereka baik lewat internet atau di atas kertas. Skenario yang ditulis di rumah, mendorong pekerja untuk mempertimbangkan yang terbaik cara untuk berperilaku dalam situasi tertentu. Karyawan dapat berkonsultasi dengan kode etika karena mereka refleks pada skenario.

10.                        Menempatkan Kepentingan Perusahaan diatas Kepentingan Pribadi
Banyak pelanggaran etika,seperti manajer senior memutuskan kompensasi berdasarkan keinginannya sendiri, manajer menempatkan kepentingan pribadi mereka atas kesejahteraan perusahaan dan karyawan lainnya. Jonathan M. Tish, ketua dan CEO Loews Hotel, mengatakan bahwa "Kami" pemimpin, atau orang-orang yang melihat melampaui kepentingan pribadi untuk membangun kemitraan dalam mengejar kebaikan yang lebih besar. "Kami" pemimpin menyatukan daripada membagi, berkolaborasi daripada bersaing, dan percaya bahwa mungkin untuk "melakukannya dengan baik" dan "berbuat baik" pada saat yang sam. Suatu persyaratan utama untuk membangun kemitraan adalah keadilan dalam memperoleh manfaat.


2.5                        Perilaku Etis dan Kinerja Perusahaan

Etika yang tinggi dan tanggung jawab sosial kadang-kadang terkait dengan kinerja keuangan perusahaan yang dapat menimbulkan efek yang baik. Sebuah model baru ini dikembangkan dari hubungan antara kinerja perusahaan dan keuntungan yang menekankan peran penawaran dan permintaan. Model ini menyatakan bahwa ketika permintaan untuk investasi tanggung jawab sosial meningkat, maka manajer akan memaksimalkan nilai kepentingan diri mereka untuk melakukan investasi ini meskipun arus kas berkurang. Meskipun akan membuat pengeluaran yang banyak tetapi nilai pasar dari perusahaan dapat meningkatkan ketika permintaan untuk peluang investasi ini lebih besar dari penawaran.
Sebuah contoh mungkin bahwa investasi dalam program-program untuk meningkatkan keaksaraan antara anak-anak miskin mungkin memiliki hasil karena ada permintaan besar untuk jenis investasi. Antara tanggung jawab sosial dan keuntungan juga dapat bekerja dalam dua arah, yaitu perusahaan lebih menguntungkan baik mampu untuk berinvestasi dalam tanggung jawab sosial yang memiliki inisiatif yang memberikan efek yang menyebabkan lebih banyak keuntungan.
Para peneliti menemukan bahwa kesuksesan finansial dengan menyisakan uang yang cukup untuk berinvestasi dalam kinerja sosial perusahaan. Studi ini juga menemukan bahwa kinerja sosial perusahaan yang baik memberikan kontribusi untuk peningkatan kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset dan laba atas penjualan.
     Tanggung jawab sosial perusahaan kadang-kadang dapat meningkatkan keuntungan karena secara sosial tindakan yang bertanggung jawab adalah biaya-efektif. Etika juga dapat menghindari biaya membayar denda yang besar karena yang disebabkan karena perlakuan yang tidak etis, termasuk tuduhan diskriminasi dan class action tuntutan hukum karena tidak tepat dalam pelaporan keuangan. Contohnya, denda besar dikenakan pada Siemens, seperti yang disebutkan sebelumnya, dimana menggambarkan biaya potensi menjadi tidak etis. Penuduhan dalam sisi tidak etis dan ilegal.
Perilaku tersebut juga dapat mengakibatkan penurunan tiba-tiba pada pelanggan dan klien. Singkatnya, seorang pemimpin yang berhasil membangun iklim etika yang tinggi dan tanggung jawab sosial dapat memperoleh dan menyelamatkan perusahaan untuk mendapatkan banyak uang.


2.6              Strategi Menjadi Pemimpin yang Beretika

Penulis menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh seorang pemimpin sebelum mengambil sebuah keputusan agar keputusan tersebut dinilai etis oleh bawahan maupun pihak-pihak lain:
-                      Apakah ini benar?
Dengan bertanya kepada diri sendiri apakah yang dilakukan telah benar apa adanya merupakan langkah evaluasi dan antisipatif seorang pemimpin efektif di dalam rangka mewujudkan perilaku etis.
-                      Apakah ini adil?
Dengan bertanya kepada diri sendiri apakah yang dilakukan telah memenuhi prinsip keadilan merupakan langkah preventif di dalam mewujudkan perilaku etis.
-                      Siapa yang akan tersinggung?
Dengan mengetahui siapa saja yang akan tersinggung dengan keputusan anda, anda akan lebih siap di dalam mempersiapkan langkah-langkah di dalam menyikapi konsekuensi dari keputusan anda. Dan hal ini merupakan langkah preventif dalam berperilaku etis.
-                      Jika keputusan ini dipublikasikan apakah anda siap dengan konsekuensinya?
Pertanyaan ini merupakan langkah awal di dalam usaha untuk mengevaluasi serta memperbaiki keputusan yang akan dibuat agar tidak berdampak luas pada masyarakat.
-                      Seberapa sensitifkah keputusan yang akan saya ambil?
Pertanyaan ini ditujukan untuk menguji daya intuisi anda. Dengan bisa meramalkan seberapa jauh konsekuensi yang ditimbulkan dari keputusan ini akan berdampak pada perilaku etis.
                        Seorang pemimpin efektif paling tidak harus mampu bertanya pada dirinya sendiri mengenai lima butir pertanyaan di atas, sehingga mereka mampu untuk menciptakan strategi di dalam memperbaiki perilaku mereka agar beretika tinggi.










BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

            Etika kepemimpinan dan tanggung jawab sosial menunjukkan bahwa seorang pemimpin harus melakukan seuatu yang benar , sesuai etika yang berlaku . Perilaku yang tidak etis telah membawa perusahaan kekebangkrutan, menyebabkan PHK ribuan pekerja, berkurang kepercayaan dalam investasi saham, dan putus asa karyawan .
            Perusahaan harus melakukan tanggung jawab sosial , meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedkit . Dengan tanggung jawab sosial , masyarakat dapat memiliki kepercayaan pada perusahaan dan juga mengangkat citra perusahaan .



3.2 Saran

Kami menyarankan bahwa setiap pemimpin dalam organisasi harus lah beretika demi kinerja dan lancarnya pencapaian tujuan organisasi tersebut . Dengan etika pemimpin akan melakukan sesuatu dengan standar yang benar , dan dapat menjadi teladan untuk bawahan . Sedangkan  apabila pemimpin tidak beretika , hanya akan menimbulkan dampak buruk pada organisasi . Pemimpin merupakan cerminan organisasi , pemimpin yang beretika dan memiliki tanggung jawab sosial akan membuat organisasi memiliki citra yang baik di lingkungan masyarakat .





DAFTAR PUSTAKA


Dubrin, A.J. (2001) . Leadership, Research findings , practice , and skill. NY, USA: Houghton Mifflin
Najasmileforyou.blogspot.com/2013/04/kepemimpinan-pendidikan-nilai-dan-etika.html
Irawanto Dodi W. (2013). Kepemimpinan Esensi dan Realitas. Malang : Bayumedia Publishing

31 komentar:

  1. Isi dan kandungan artikel ini sangat bagus, ijin copas ya...

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  3. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  4. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  5. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  6. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus

  7. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 2%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 2 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com
    dangotegrouploan.wordpress.com

    BalasHapus
  8. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  9. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus
  10. Halo,
    Aku Mrs. Maureen Kurt, kreditor pinjaman swasta, apakah Anda secara finansial sedang jatuh? Mencari pinjaman untuk menumbuhkan bisnis Anda, melunasi tagihan dan hutang Anda, pernahkah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Saya memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua pihak yang membutuhkan pinjaman dan dapat membayar kembali dengan tingkat bunga rendah sebesar 2%. Saya terdaftar dan disetujui oleh Kerajaan Inggris untuk mengendalikan institusi keuangan di seluruh dunia. Saya memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank dan tidak memerlukan banyak dokumen.
    Anda dapat menghubungi kami via Email: (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Datanglah kepada kita dan kita akan memperbaiki hidupmu.

    BalasHapus
  11. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  12. Saya Mariana Enzo meminjamkan Pinjaman Pemberi Pinjaman, kami adalah perusahaan pinjaman yang sah, terdaftar dan terjamin, dan kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan, perusahaan pemerintah dan organisasi bisnis dan orang-orang dari segala jenis. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk tujuan apa pun? Apakah Anda dalam masalah keuangan? Apakah Anda butuh solusi keuangan? Mariana Enzo pinjaman Layanan adalah solusi untuk semua masalah keuangan Anda, pinjaman kami mudah dan cepat. Hubungi kami hari ini untuk pinjaman yang Anda inginkan, kami dapat mengatur pinjaman yang sesuai dengan anggaran Anda dengan suku bunga 2%. Jika berminat, hubungi kami via email: emergencyloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  13. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    BalasHapus
  14. Halo saya (Angga Maria), yang mengatakan bahwa tidak ada ALLAH dia berbohong karena saya adalah kesaksian hidup / seumur hidup bagi bangsaku di indonesia dan di negara-negara Asia lainnya di dunia,

     Saat ini saya tidak banyak bicara tapi saya akan saran anda, anda mencobanya untuk diri anda. Saat ini saya tinggal di indonesia bersama keluarga saya, kami berusaha membuat bisnis sendiri hari ini dan suami saya hidup dengan baik, jadi Pukul 24 saya di rumah bersama anak-anak saya ketika saya menerima telepon bahwa suami saya mengalami kecelakaan sehingga saya perlu mengakui sejumlah uang untuk operasi yang harus dia lakukan / saya pergi ke bank uang yang kami dapatkan, saya memberikannya kepada mereka tapi Uang itu tidak cukup saya pergi untuk meminjam tapi tetap saja saya banyak dia.

    Jadi tidak mudah dengan saya dan ketiga anak saya, saya masuk ke dalam pencarian pemberi pinjaman online Saya adalah korban dari beberapa kreditur penipuan saya adalah seorang yang dilarang di bank dan ditangkap oleh orang-orang yang saya sendiri / saya masuk penjara selama 2 bulan ketika saya datang Kembali seorang teman saya bercerita tentang ibu pemberi pinjaman ini (Annisa Ahmad) tapi saya menghentikannya untuk memberi tahu saya dan dia terus memberi tahu saya dan dia meyakinkan saya bahwa jika mereka tidak memberi saya pinjaman bahwa dia akan membayar biaya apapun yang saya miliki Gunakan sejauh ini saya mencobanya dan saya melamar pinjaman yang harus dipinjam ibu sebesar Rp450.000.000,00 sangat mudah dalam 48 jam yang saya isi. Rincian saya saya mendapat pinjaman saya, jadi saya yang mengatakan untuk membagikan kebaikan ALLAH Bekerja dan ALLAH akan memberkati ibu (Annisa Ahmad) atas bantuannya jadi tolong jika Anda mencari pinjaman, dan pemberi pinjaman yang benar tidak perlu disesat / sehingga Anda tidak akan scammed semua yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi (annisaahmadlaoncompany @ Gmail.com) Anda juga bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan tentang cara melakukannya (anggamaria60@gmail.com)

    BalasHapus
  15. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah pinjaman kartu kredit pribadi, pinjaman usaha, dan pinjaman Anda, dan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa kami akan mendapatkan semua pinjaman individual mereka dan merayakan musim baru dengan senyuman di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} mariasednerloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Pinjaman tujuan: _____________
    Nomor telepon: ________
    ibu maria

    BalasHapus
  16. Saya ((Angga Annisa)) seorang dermawan dari ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM Saya mengalami trauma ketika saya berulang kali melakukan scammed oleh perusahaan pinjaman online dan krisis keuangan saya semakin dalam ketika saya dilempar keluar dari apartemen yang saya sewa. Saya tidak punya pilihan selain mencari untuk pinjaman baik online maupun Bank tapi tidak berbuah saya mencoba mencari cara lain untuk melihat apakah saya bisa diselamatkan dari gejolak keuangan saya tapi tidak ada hasilnya sampai teman saya di BATAM mengenalkan saya kepada Ibu Iskandar via e : ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) pada awalnya saya meragukannya karena ini juga perusahaan online tapi saya diberi tahu untuk memasang trier yang saya lakukan beberapa jam setelah aplikasi dan pemrosesan pinjaman saya saya terkejut ketika pinjaman saya disetujui bahkan tanpa saya membawa jaminan keamanan dan juga pinjaman dihitung dengan tingkat bunga yang sangat rendah. Dorongan ibu membuat saya terus berjalan dan saya dapat membuktikannya segera setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening Bank saya melalui transfer e-banking. jaringan ch annel jadi saya sangat senang rencana pertamaku dieksekusi karena saya harus mendirikan bisnis sebuah supermarket installaments bulanan saya benar-benar mematuhi semua terima kasih kepada ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM tolong hubungkan juga ke ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} dan juga Jika Anda ingin mendapatkan konfirmasi dari saya, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui e saya: (anggaannisa1979@gmail.com)) pengalaman saya bersama Ibu Iskandar memang sukses karena saya sekarang memesan barang dari MALAYSIA supermarket saya sekarang booming ALLAH sangat bagus jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman ISKANDAR mereka bukan hanya perusahaan pinjaman online tapi sangat membebani orang-orang Asia dan AFRIKA sama seperti mereka memiliki banyak klien di INDONESIA sehingga Anda tidak perlu takut lagi tentang saya sekarang adalah bisnis yang kaya. wanita "" MASHALLAH ""

    BalasHapus
  17. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  19. selamat hari semuanya

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk organisasi individu dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar dari jumlah minimum ($ 3.000,00) sampai jumlah maksimum ($ 40.000, .00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda, jadi biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut. di bawah.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    BalasHapus
  20. selamat hari semuanya

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk organisasi individu dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar dari jumlah minimum ($ 3.000,00) sampai jumlah maksimum ($ 40.000, .00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda, jadi biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut. di bawah.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    BalasHapus
  21. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  22. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  23. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk memabi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  24. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus
  25. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    BalasHapus
  26. Hubungi kami:
                                                via :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  27. Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this card to all our customers and interested buyers worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000 spending limit in stores and unlimited on POS.
    **WHAT WE OFFER**
    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*.
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*,
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    email blankatmmasterusa@gmail.com
    you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment

    +1(539) 888-2243
    WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    whatsapp only ===>>   +1(539) 888-2243

    BalasHapus
  28. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  29. HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    yang tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  30. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion, tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang pada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya sudah menghubungi susan ramirez dan dia katakan saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang masuk dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) a tau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  31. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU LALU. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores Miguel Jazbel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / stres, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan mudah melalui Telepon / Teks: +1(415)630-7138 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Jazbel mengarahkan Anda Semoga Sukses
    Whatsapp +19292227023

    BalasHapus