Sabtu, 20 Desember 2014

Trend Marketing Channel



The Growth of Electronic Commerce
                Dengan adanya internet telah membuat konsumen lebih nyaman dalam melakukan pembelian . Hal ini dikarenakan dengan internet maka dapat memotong biaya distribusi , leih epat dan lebih baik , lebih murah . Tiap tahunnya pasar e-commerce ini tumbuh sekitar 12 hingga 14 persen per tahun .

Shifting power in the Channel
                Seperti yang kita ketahui , Walmart, Costco,  dan Target merupakan kategori retailer terbaik , dan Bestbuy, Barnel& Noble, Office Depot,  dan Auto Zone merupakan penyalur barang terbaik dalam saluran distribusi .  Keduanya memiliki kekuasaan dalam saluran distribusi . Ada tiga sebab mereka menjadi yang terbaik , pertama karena mereka membeli dengan jumlah yang sangat besar sehingga dapat menekan harga untuk menarik konsumen . Kedua mereka juga membuat fungsi grosir dalam gerainya . Ketiga mereka membuat rak-rak khusus untuk menentukan kapan dan dimana produk baru diperkenalkan .

Outsourching Channel  Functions
                Kini telah ada perusahaan atau industri pihak ketiga logistik yang berfungsi sebagai pengecer  untuk mengurangi biaya dan membuat produk mereka lebih tersedia . Mereka juga bekerja sama dalam rantai pasokan . Contohnya untuk layanan pengiriman tersedia FedEx, UPS, dan DHL sedangkan untuk pemasok terdapat contoh seperti Home Depot,  Best Buy,  Autozone.

The Growth of Dirrect  Distribution and Nonstore Retailing
                Saat ini sudah banyak nonstore retailing atau pengecer tanpa toko melalui e-commerce . Dengan adanya pengecer tanpa toko berupa fisik ini elah membuka kesempatan untuk distribusi langsung . Berikut adalah contoh dari beberapa nonstore saluran :
1)      Katalog dan pemasaran langsung
Beberapa perusahaan terpopuler adalah J. Crew, Cabela's, dan asuransi GEICO

2)      Dirrect Selling
Yaitu menjual dengan tatap muka langsung dengan pelanggan. Contohnya Tupperware , Avon , dan Discovery Toys .

3)      Home Shopping Networks
Contohnya adalah QVC dan Home Shopping Net yang melakukan jutaan penjualan perhari dan memuaskan pelanggan.




4)      Vending
Yaitu melalui Vending Machines yang 50% merupakan softdrink . Selain softdrink juga ada bunga , pasta gigi , film , dan kail pancing kini tersedia di Vending Machines .

5)      Direct Response Advertising
Yaitu menjual mainan , buku , dan musik melalui iklan televisi .  Salah satu perusahaan yang terbesar adalah Time Life .

The Growth of Dual Distribution
                Sebuah perusahaan menggunakan lebih dari satu saluran untuk mencapai pasarnya . Contohnya disini adalah Hallmark yang menjual fokus pada berbagai kartu ucapan . Hallmark tidak hanya menyediakan produknya di toko gerai Hallmark , namun juga di supermarket , toko obat , dan retailer-retailer lain . Hallmark juga menawarkan kartu ucapan secara online.
                Distribusi ganda memiliki kelemahan yaitu dapat membuat pelanggan berhubungan langsung dengan produsen , sehingga memotong saluran distribusi yang lain , sehingga menimbulkan konflik antara produsen dan anggota rantai pasokan .


Legal and Ethical Issues in the Suply Chain
Dual Distribution
Distribusi ganda ini tidak selalu tidak etis atau ilegal. Namun, masalah timbul ketika produsen menggunakan sendiri fisik atau online toko mendominasi independen pengecer atau untuk mengusir mereka keluar dari bisnis. Untuk menghindari masalah ini, produsen harus tidak melemahkan harga yang independen pengecer dapat mengisi dengan marjin.

Exclusie Channel Arrangement
                Saluran eksklusif menguntungkan produsen dengan membatasi  distribusi-distribusi produknya . Pertama yaitu membuat perantara membatasi menjual produknya pada wilayah yang dibatasi . Kedua , produsen membuat grosir , agen , broker , pengecer tidak menjual produk pesaing ketika menjual produk produsen . Hal ini menyebabkan produsen dapat memotong pasokan ke perantara . Pengaturan eksklusif ini membuat produsen dapat mengendalikan harga , distribusi dan kegiatan penjualan . Tidak semua pengaturan eksklusif legal . Agar legal , pertama pengaturan tidak memblokir pesaing lebih dari 10% dari pangsa pasar .Kedua , keuntungan penjualan tidak boleh sangatlah besar . Ketiga , konsumen masih dapat mengakses produk lain dari saluran lain .



Tying Arrangements
                Peraturan mengikat disini diartikan seperti ketika konsumen mebeli produk A maka dia juga harus membeli produk B . Hal ini bisa jadi ilegal apabila mereka menahan perdagangan produk pesaing .  Contohnya adalah Mahkamah Agung AS menemukan Kodak  bersalah atas pengaturan mengikat ilegal yang mana perusahaan hanya menjual suku cadang mesin fotokopi apabila pelanggan tidak membetulkan sendiri atau menggunakan jasa perbaikan perusahaan lain .

Counterfeit Product
                Penjual harus membuat produk yang tidak mudah ditiru sehingga mengurangi adanya produk palsu . Produk palsu sangat merugikan produsen , yaitu produsen akan kehilangan kepercayaan konsumen untuk membeli produknya .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar