The Growth of Electronic Commerce
Dengan
adanya internet telah membuat konsumen lebih nyaman dalam melakukan pembelian .
Hal ini dikarenakan dengan internet maka dapat memotong biaya distribusi , leih
epat dan lebih baik , lebih murah . Tiap tahunnya pasar e-commerce ini tumbuh
sekitar 12 hingga 14 persen per tahun .
Shifting power in the Channel
Seperti
yang kita ketahui , Walmart, Costco, dan
Target merupakan kategori retailer terbaik , dan Bestbuy, Barnel& Noble,
Office Depot, dan Auto Zone merupakan
penyalur barang terbaik dalam saluran distribusi . Keduanya memiliki kekuasaan dalam saluran
distribusi . Ada tiga sebab mereka menjadi yang terbaik , pertama karena mereka
membeli dengan jumlah yang sangat besar sehingga dapat menekan harga untuk
menarik konsumen . Kedua mereka juga membuat fungsi grosir dalam gerainya .
Ketiga mereka membuat rak-rak khusus untuk menentukan kapan dan dimana produk
baru diperkenalkan .
Outsourching Channel Functions
Kini
telah ada perusahaan atau industri pihak ketiga logistik yang berfungsi sebagai
pengecer untuk mengurangi biaya dan
membuat produk mereka lebih tersedia . Mereka juga bekerja sama dalam rantai
pasokan . Contohnya untuk layanan pengiriman tersedia FedEx, UPS, dan DHL
sedangkan untuk pemasok terdapat contoh seperti Home Depot, Best Buy,
Autozone.
The Growth of Dirrect
Distribution and Nonstore Retailing
Saat
ini sudah banyak nonstore retailing atau pengecer tanpa toko melalui e-commerce
. Dengan adanya pengecer tanpa toko berupa fisik ini elah membuka kesempatan
untuk distribusi langsung . Berikut adalah contoh dari beberapa nonstore saluran
:
1)
Katalog dan pemasaran langsung
Beberapa perusahaan terpopuler adalah J. Crew, Cabela's, dan asuransi
GEICO
2)
Dirrect Selling
Yaitu menjual dengan tatap muka langsung dengan pelanggan. Contohnya
Tupperware , Avon , dan Discovery Toys .
3)
Home Shopping Networks
Contohnya adalah QVC dan Home Shopping Net yang melakukan jutaan
penjualan perhari dan memuaskan pelanggan.
4)
Vending
Yaitu melalui Vending Machines yang 50% merupakan softdrink . Selain
softdrink juga ada bunga , pasta gigi , film , dan kail pancing kini tersedia
di Vending Machines .
5)
Direct Response Advertising
Yaitu menjual mainan , buku , dan musik melalui iklan televisi . Salah satu perusahaan yang terbesar adalah
Time Life .
The Growth of Dual Distribution
Sebuah
perusahaan menggunakan lebih dari satu saluran untuk mencapai pasarnya . Contohnya
disini adalah Hallmark yang menjual fokus pada berbagai kartu ucapan . Hallmark
tidak hanya menyediakan produknya di toko gerai Hallmark , namun juga di
supermarket , toko obat , dan retailer-retailer lain . Hallmark juga menawarkan
kartu ucapan secara online.
Distribusi
ganda memiliki kelemahan yaitu dapat membuat pelanggan berhubungan langsung
dengan produsen , sehingga memotong saluran distribusi yang lain , sehingga
menimbulkan konflik antara produsen dan anggota rantai pasokan .
Legal and Ethical
Issues in the Suply Chain
Dual Distribution
Distribusi ganda ini tidak selalu tidak etis atau ilegal. Namun, masalah
timbul ketika produsen menggunakan sendiri fisik atau online toko mendominasi
independen pengecer atau untuk mengusir mereka keluar dari bisnis. Untuk
menghindari masalah ini, produsen harus tidak melemahkan harga yang independen
pengecer dapat mengisi dengan marjin.
Exclusie Channel Arrangement
Saluran
eksklusif menguntungkan produsen dengan membatasi distribusi-distribusi produknya . Pertama yaitu
membuat perantara membatasi menjual produknya pada wilayah yang dibatasi .
Kedua , produsen membuat grosir , agen , broker , pengecer tidak menjual produk
pesaing ketika menjual produk produsen . Hal ini menyebabkan produsen dapat
memotong pasokan ke perantara . Pengaturan eksklusif ini membuat produsen dapat
mengendalikan harga , distribusi dan kegiatan penjualan . Tidak semua
pengaturan eksklusif legal . Agar legal , pertama pengaturan tidak memblokir
pesaing lebih dari 10% dari pangsa pasar .Kedua , keuntungan penjualan tidak
boleh sangatlah besar . Ketiga , konsumen masih dapat mengakses produk lain
dari saluran lain .
Tying Arrangements
Peraturan
mengikat disini diartikan seperti ketika konsumen mebeli produk A maka dia juga
harus membeli produk B . Hal ini bisa jadi ilegal apabila mereka menahan perdagangan
produk pesaing . Contohnya adalah
Mahkamah Agung AS menemukan Kodak
bersalah atas pengaturan mengikat ilegal yang mana perusahaan hanya menjual
suku cadang mesin fotokopi apabila pelanggan tidak membetulkan sendiri atau
menggunakan jasa perbaikan perusahaan lain .
Counterfeit Product
Penjual
harus membuat produk yang tidak mudah ditiru sehingga mengurangi adanya produk
palsu . Produk palsu sangat merugikan produsen , yaitu produsen akan kehilangan
kepercayaan konsumen untuk membeli produknya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar