Selanjutnya saya share lagi mengenai ciri kiprok rusak ya .. tetep dari grup motor saya di fb .. semoga bermanfaat :)
CIRI -ciri kiprok pada sepeda motor rusak adalah lemahnya pada pengisian aki dan lampu motor redup walau sudah digas. Kiprok m rusak kebanyakan malah tegangannya jadi tinggi ke aki nya bisa sampe 19 volt atau lebih,cara untuk mengetahui kerusakan kipruk ialah ukur pake Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian gas motor, umpama tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki efeknya aki cepat jebol, cdi, kelistrikan bisa rusak,yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun
akibatnya :
Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt)
semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.
https://OtomotifEngineHighSchool
CIRI -ciri kiprok pada sepeda motor rusak adalah lemahnya pada pengisian aki dan lampu motor redup walau sudah digas. Kiprok m rusak kebanyakan malah tegangannya jadi tinggi ke aki nya bisa sampe 19 volt atau lebih,cara untuk mengetahui kerusakan kipruk ialah ukur pake Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian gas motor, umpama tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki efeknya aki cepat jebol, cdi, kelistrikan bisa rusak,yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun
akibatnya :
- 1. Aki cepat soak, karena tegangan yang di kirim tidak sesuai standar
- 2. Aki tidak mau cas, karena tegangan kurang
- 3. Lampu depan cepet putus, karena tegangan tidak stabil
- 4. Lampu depan redup, digas tambah redup "maybe :p
Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt)
semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.
https://OtomotifEngineHighSchool
Tidak ada komentar:
Posting Komentar